Find Us On Social Media :

Nggak Harus Minum, Ini 4 Cara Simpel Atasi Cegukan Saat Berpuasa

By Dinda Tiara Alfianti, Selasa, 12 Juni 2018 | 15:34 WIB

Nggak harus minum, ternyata ada 4 solusi simpel mengatasi cegukan saat sedang berpuasa.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Kamu pasti pernah mengalami cegukan? Yap, meski nggak berbahaya namun nyatanya cegukan bisa jadi hal yang sangat mengganggu.

Terlebih saat cegukan kamu alami ketika sedang berpuasa yang nggak memungkinkan kamu untuk segera minum air putih saat mengalaminya.

Berbagai hal bisa jadi penyebab timbulnya cegukan, diantaranya seperti sahur dengan jumlah yang banyak, atau terlalu cepat, minum bersoda, atau perubahan suhu yang mendadak.

(Baca juga: ceguMitos Atau Fakta Cegukan Itu Berbahaya, Begini Penjelasannya)

Cegukan juga bisa tiba-tiba muncul saat otak bereaksi terhadap emosi tertentu, misalnya saat kamu sedang stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat.

Meski dapat hilang dengan sendirinya tapa dilakukan pengobatan apapun, namun cegukan dengan waktu yang lama bisa membuat kamu tentu tida betah dan membuat otot-otot diafragma terasa nyeri.

Nah, untuk mengatasinya tanpa air putih, berikut 4 cara simpel menghilangkan cegukan saat berpuasa seperti yang Grid.ID lansir dari Hello Sehat.

(Baca juga: Waspada, Cegukan Bisa Menjadi Tanda Awal Bagi 3 Penyakit Berbahaya Ini)

1. Tahan napasAmbil napas dalam dengan hidungmu, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik.

Lalu hembuskan nafas perlahan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali, ulangi setiap dua puluh menit bila cegukan belum hilang.

(Baca juga: Tak Ada Gunanya Minum Multivitamin Setiap Hari, Ini Fakta Studi Terbarunya)