Find Us On Social Media :

Catat! Ini 4 Tips agar Pengajuan KPR untuk Membeli Rumah Pertama Lolos

By Aghnia Hilya Nizarisda, Rabu, 4 Mei 2022 | 18:36 WIB

Ilustrasi lolos beli rumah pertama dengan KPR.

Parapuan.co - Ada banyak solusi yang bisa dilakukan generasi muda saat ingin membeli rumah pertama. Salah satunya mengajukan KPR (Kredit Perumahan Rakyat).

Akan tetapi, membeli rumah bukanlah hal yang bisa dilakukan tanpa persiapan matang. Pasalnya, untuk membeli rumah dengan KPR, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi.

Bahkan, pengajuan KPR wajib melalui berbagai penilaian dari bank untuk menentukan apakah kamu seseorang layak menerima KPR atau tidak.

Nah, inilah 4 tips agar pengajuan KPR lolos jika kamu ingin membeli rumah pertama, seperti dilansir dari laman Kompas.comYuk, simak!

1. Memastikan riwayat kredit/BI Checking bersih

Tips agar lolos KPR rumah pertama adalah memastikan riwayat kredit kamu bersih. Maka itu, perhatikanlah kebiasaan saat membayar tiap tagihan, entah itu kartu kredit atau cicilan lain.

Pasalnya, calon penerima KPR akan dinilai, apakah selama ini lancar saat membayar atau kreditnya justru macet, lalu disiplin atau tidak.

Sekalipun itu hanya PayLater yang jumlahnya kecil, tetapi apabila tidak disiplin, maka akan sangat berpengaruh pada penilaian bank saat kamu mengajukan KPR untuk rumah pertama.

2. Memiliki kemampuan bayar yang baik

Baca Juga: 3 Tips Membeli Rumah dengan Gaji Rp3 Juta, Manfaatkan Rumah Subsidi!

Nah, tips agar pengajuan KPR lolos untuk membeli rumah yang kedua adalah memiliki kemampuan bayar yang baik untuk melunasi cicilan.

Saat kamu mengajukan KPR, bank akan memeriksa kondisi keuanganmu, mulai dari pendapatan tiap bulan, total utang, hingga cicilan yang sedang berjalan.