Find Us On Social Media :

4 Cara Cegah Impulsive Buying, Kebiasaan Boros saat Pandemi Corona yang Akan Menguras Tabunganmu

By Devi Agustiana, Jumat, 29 Mei 2020 | 05:00 WIB

Impulsive buying dapat diartikan sebagai perilaku membelanjakan uang yang dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Pandemi corona memang masih menjadi momok menakutkan di setiap sudut kota.

Meski gembar-gembor new normal sudah mulai digalakan, namun hal ini tidak serta-merta membuat kita bebas keluar rumah.

Apalagi hanya untuk sekedar melakukan hal yang kurang penting.

#Dirumahaja masih sangat perlu kita terapkan.

Baca Juga: Polisi Menginjak Leher George Floyd Hingga Tewas, Justin Bieber Sampai Demi Lovato Geram: Itu Membuatku Muak!

Kendati demikian, berkegiatan di rumah ternyata menimbulkan fenomena impulsive buying atau membeli barang dengan tidak terkontrol atau impulsif.

Pernahkah kamu mendengan istilah ini sebelumnya?

Dilansir Grid.ID dari Kompas.com, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho mengungkapkan, impulsive buying dapat diartikan sebagai perilaku membelanjakan uang yang dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu, bersifat tiba-tiba dan mendadak serta kebetulan, karena kondisi dan keadaan lingkungan tempat kita berada saat itu.

"Impulsive buying bisa terjadi semisal ketika kita makan siang di mal, lalu setelahnya jalan-jalan cuci mata lihat-lihat barang yang dipajang, lalu di suatu toko berhenti dan membeli suatu barang karena terlihat menarik," katanya, Rabu (27/5/2020).

Baca Juga: Aisyahrani Duga Ada Jaringan yang Terkait dengan Penyebar Video Porno Mirip Syahrini: Ada Nama-nama yang Juga Saya Kenal

Menurutnya, impulsive buying dapat terjadi ketika seseorang tengah membuka sosmed dan melihat suatu barang kemudian membeli dari toko online tersebut.