Find Us On Social Media :

Walau Sudah Sembuh, Ternyata Penyintas Covid-19 Masih Bisa Merasakan Gejala Ini

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 26 Januari 2021 | 14:10 WIB

Long covid diartikan sebagai istilah ketika orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih bisa merasakan gejala-gejala ketika masih positif Covid-19.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita DesyaningrumGrid.ID – Rata-rata pasien Covid-19 membutuhkan waktu empat belas hari untuk dinyatakan negatif dari Covid-19.Namun, walaupun hasil test sudah menyatakan negatif, terkadang beberapa penyintas Covid-19 masih bisa merasakan gejala-gejala Covid-19.Seperti yang diwartakan oleh Kompas.com, hampir 75 persen penyintas Covid-19 mengeluhkan tanda dan gejala yang masih muncul meskipun hasil test sudah negatif.

Baca Juga: Tidak Hanya Menambah 3 Rumah Sakit Untuk Pasien Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Juga Berencana Mengajukan Penambahan Tenaga KesehatanKondisi ini ternyata dinamakan sebagai Long Covid atau yang dulunya sempat dikenal sebagai Post-Covid Syndrome atau Chronical Covid.Istilah ini dijelaskan oleh Dr dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) seperti yang dilansir dari Tribunnews.com.Menurut dr Agus, gejala-gejala masih bisa dirasakan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah sembuh dari Covid-19.

Baca Juga: Ragam Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan, Menjaga Jantung hingga Mengobati Anemia"Dari yang paling banyak adalah chronic fatigue syndrome, yaitu gejala kelelahan kronik. Kemudian gejala sesak napas berat, gejala berdebar-debar, ini terkait dengan jantung," jelas dr Agus.Selain itu, nyeri sendi dan otot serta gangguan psikologis seperti depresi juga bisa termasuk ke dalam gejala long covid.