Find Us On Social Media :

Berikut 5 Makanan Sehat dengan Kandungan Gizi Seimbang yang Bisa Dibuat di Rumah

By ADV PI, Senin, 15 Mei 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi menu makanan sehat dengan gizi seimbang.

Grid.ID - Setiap orang perlu mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi dan nutrisi seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang juga dapat membantu seseorang dalam menjaga berat badan, memberikan lebih banyak energi, mengurangi risiko penyakit, dan menjaga kesehatan mental.

Namun, tak bisa dimungkiri, menemukan makanan sehat yang enak dan sesuai selera memang membutuhkan usaha ekstra. Apalagi, jika kandungan nutrisi makanan tersebut tidak bisa diketahui secara pasti. Utamanya, makanan yang dijual di pedagang kaki lima.

Oleh karena itu, membuat makanan sendiri di rumah jadi salah satu cara agar Anda untuk mendapatkan asupan gizi dan nutrisi seimbang. Berikut rekomendasi lima makanan sehat yang bisa Anda buat di rumah.

Baca Juga: Jokowi Hampir Saja Keracunan Buah Berformalin, Kenali 4 Ciri-ciri Makanan Mengandung Formalin, Hati-hati Jika Rasanya Begini

  1. Capcay

Capcay adalah masakan yang dibuat dengan cara ditumis. Metode memasak ini baik untuk kesehatan karena tidak membutuhkan banyak minyak dan dapat mempertahankan nutrisi dari bahan makanan yang digunakan

Biasanya, resep capcay terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti kubis, wortel, kol, dan brokoli. Semua sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral.

Untuk mendapatkan protein, Anda bisa memasukkan sejumlah bahan tambahan, seperti daging sapi, ayam, ikan, ataupun udang sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

1. Soto ayam

Soto ayam adalah sup ayam tradisional Indonesia yang dibuat dengan kunyit, serai, dan rempah-rempah. Makanan ini juga rendah lemak dan kalori.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Menu Sarapan Favorit dengan Cita Rasa Khas Indonesia