Parapuan.co - Wabah virus corona yang semakin besar membuat sebagian perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home).
Hal ini pun memberikan dampak pada karyawan yang justru mengalami stres selama bekerja dari rumah.
Bahkan, mengutip dari laman Forbes, 69 persen karyawan mengalami burnout selama bekerja dari rumah dan hal ini pun berdampak pada produktivitas dan kesehatan karyawan.
Burnout merupakan kondisi seseorang mengalami kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh stres berlebih dan berkepanjangan, seperti dikutip dari laman Help Guide.
Baca Juga: Tetap Sehat dan Produktif Saat WFH dengan 5 Cara Ini, Ampuh!
Terlebih selama WFH, Kawan Puan juga berupaya untuk menjalankan tanggung jawab sebagai karyawan, sekaligus mengurus tugas domestik di rumah.
Hal ini tentu menyebabkan kamu mengalami kewalahan, terkuras secara emosi dan tenaga.
Tapi jangan khawatir, terdapat cara untuk mengatasi burnout yang mungkin bisa kamu lakukan.
1. Buat jadwal kerja
Apakah Kawan Puan merasakan peningkatan jam kerja selama WFH serta jam istirahat yang justru berkurang?
Agar kehidupan pekerjaan dan pribadi terpisah, buatlah jadwal kerja yang jelas.
Tentukan jam kerja dan istirahat, sehingga waktu kerja dan istirahatmu tetap imbang.
Tidak lupa untuk memberikan jeda 15-30 menit setiap harinya dan usahakan saat tengah istirahat hindari terlebih dahulu hal yang berhubungan dengan pekerjaan.
Baca Juga: Mata Lelah Karena WFH, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
2. Sempatkan waktu untuk 'me time'
Setiap individu tentu membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, hal ini yang dapat membuat kamu tidak rentan stres.
Setelah atur jadwal kerja dan istirahat, sisihkan juga waktu untuk 'me time' di setiap harinya.
Lakukan kegiatan yang kamu sukai dan membuat dirimu rileks.
3. Ngobrol dengan orang terdekat
Semenjak adanya pandemi Covid-19 kegiatan di luar rumah menjadi begitu dibatasi.
Namun hal ini jangan sampai membuat kamu jadi enggan melakukan interaksi dengan teman, saudara, ataupun kerabat yang jauh, ya.
Mengingat sudah ada teknologi untuk video call untuk tetap bisa bersilahturahmi dan berbagi cerita dengan orang terdekat.
Baca Juga: 4 Aktivitas untuk Tingkatkan Quality Time dengan Anak Remaja Saat WFH
Mengingat interaksi personal dengan teman kantor berkurang, tentu menjalani pekerjaan akan terasa lebih sulit dan memendam segala tekanan dalam diri hanya akan memperburuk.
Cobalah untuk berbagi cerita dengan orang terdekat yang kamu percaya, maka hal ini akan meredakan rasa penat yang kamu alami selama WFH.
4. Bicarakan dengan atasan
Selama WFH mungkin kamu merasakan stres dan kecemasan berlebih, jika ini tak kunjung teratasi, kamu bisa diskusikan dengan atasan.
Mintalah pendapat mereka agar pekerjaan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik.
Hal ini dilakukan demi kondisi kesehatan fisik dan mental kamu tetap terjaga.
Baca Juga: Jenuh WFH? Berikut 4 Cara Untuk Merasa Lebih Baik Ketika Bekerja
5. Lakukan olahraga ringan
Untuk mengatasi stres berlebih yang Kawan Puan alami, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga.
Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga akan meredakan stres serta meningkatkan mood kamu, lho.
Usahakan untuk menyempatkan waktu selama 30 menit atau lebih untuk berolahraga.
Namun jika jadwalmu begitu padat, setidaknya sempatkan waktu 10 menit untuk melakuakn olahraga ringan.
Aktivitas fisik seperti berjalan santai, lari, berenang, atau bahkan menari, bisa mnejadi cara yang sangat efektif untuk menaikkan mood kamu, Kawan Puan.
Source | : | Forbes,The Muse,helpguide.org |
Penulis | : | Ratu Monita |
Editor | : | Maharani Kusuma Daruwati |
KOMENTAR