Find Us On Social Media :

Tingkatkan Fokus dengan Dopamine Detox: Hilangkan Kebiasaan Scroll HP Berjam-jam dan Mulai Aktif Bergerak

By Grid., Selasa, 7 November 2023 | 12:41 WIB

Dopamine detox adalah metode yang dilakukan untuk mengurangi aktivitas pemicu kebahagiaan yang asalnya dari dopamine untuk jangka waktu yang ditentukan sendiri.

Grid.ID - Pernahkah kamu merasa sulit fokus saat melakukan pekerjaan? Kamu scrolling sosial media dengan impulsif tanpa tujuan yang jelas.

Seringkali, kamu juga merasa tidak punya cukup waktu. Karena saat mencoba mengerjakan tugas, otak secara otomatis menolak berpikir.

Akhirnya, kamu kesulitan fokus dan menjadi frustasi karena tidak ada pekerjaan yang selesai.

Nonton video lucu di TikTok, window shopping di e-commerce kesayangan, rebahan di waktu produktif, nonton serial di Netflix, rasanya lebih membahagiakan daripada mengerjakan tugas yang sebenarnya tidak sebanyak itu. 

Menanggapi fenomena ini, rasanya kamu mempertanyakan “Kenapa ya saya melakukan ini terus?” Jika kamu relate dengan kondisi di atas, mungkin kamu butuh yang dinamakan dopamine detox.

Apa itu Dopamine Detox?

Dopamine detox adalah metode yang dilakukan untuk mengurangi aktivitas pemicu kebahagiaan yang asalnya dari dopamine untuk jangka waktu yang ditentukan sendiri.

Dopamine sendiri adalah bahan kimia di otak yang bertanggung jawab atas rasa bahagia, motivasi, dan rasa puas.

Pernahkah kamu merasa sangat puas setelah memenangkan sebuah game? Ini terjadi karena terdapat lonjakan dopamine yang di otakmu.

Apa saja yang dapat merangsang pelepasan dopamine? Notifikasi likes dari orang lain di dunia maya, memenangkan games, menonton video pendek di Instagram, perasaan setelah dapat nilai bagus, dan bahkan ketika mendengar nada-nada di lagu kesukaan.

Setelah merasakan kebahagiaan, dopamine akan menyuruh otak melakukan hal itu lagi dan lagi hingga aktivitas tertentu menjadi candu dan kebiasaan.

Seperti yang dikatakan Dr. Anna Lembke, saat manusia mengonsumsi media digital entah itu TV, postingan Instagram, tweet di Twitter, atau game online, otak melepaskan banyak dopamine yang akan melewati jalur penghargaan (reward pathway). Saat melewati jalur ini, kita mulai merasakan bahagia.